Pages

Beli Pengunjung Website Anda

07 Mei 2008

Investasi Online Lokal - Penipuan di Internet

Hati-hati Terhadap Investasi Online Lokal

Tulisan Erwin ini diposting tanggal 8 Maret, 2007, melalui situsnya : www.ketok.com

Erwin menulis bahawa berdasarkan pemantauannya, saat ini banyak bermunculan investasi online lokal yang dikelola oleh orang Indonesia yang muncul di saat yang tidak tepat. Diduga situs yang menawarkan investasi ini juga mencari peluang untuk menipu.

Buktinya, menurut dia, setelah tahun 2007 ini ada beberapa investasi online yang tutup (biasa disebut scam, pengelolanya kabur dan menutup situs secara sepihak). Yang sempat dicatat olehnya, antara lain Smart Way Forex, Lexin-Group, Indo Investa dan Financial Revolusi. Tutupnya ke-4 situs yang menawarkan investasi online ini hampir bersamaan dengan jarak rentang waktu 1 bulan. Baru-baru ini malah muncul lagi banyak model investasi baru dengan konsep lama. istilahnya kemasan baru, isi lama.

Untuk menjaga investasi dan kehati-hatian anda, berikut ini beberapa perusahaan investasi online yang perlu anda perhatikan.

1. Megadana. Situsnya : http://www.megadana.com/
Perusahaan ini mengaku online sejak tahun 2005, anehnya tidak pernah terdengar sebelum tahun 2007. Ketika dicek web-nya sudah teregister sejak November 2005. Dari informasi forum warga Jakarta bahwa Megadana ini menggunakan alamat palsu untuk registrasi, jadi perlu diwaspadai !

2. Fedex Investment. Situsnya : http://www.fedexinvestment.com/
Investasi yang satu ini juga mencurigakan dengan slogan bombastis di web-nya: "Investasi 100% Legal Terbukti, Cabang dari Pusat di Amerika Serikat, yang Telah Dijamin Oleh Pax Florida Monetary Sejak 1951". Siapa dan apanya yang dijamin? Tak jelas. Yang jelas bahwa Amerika melarang pengumpulan dana oleh perusahaan investasi di negara mereka dan warga mereka juga dilarang mengikuti investasi sejenis.

3. Kharisma Investindo. Situsnya : http://www.kharismainvestindo.com/
Investasi ini sekilas mirip dengan Indo Investa yang telah tutup (scam) di bulan Februari 2007. Situs nampaknya dirancang asal jadi. Ada informasi yang di-copy paste dari HYIP luar dan masih dalam bahasa Inggris. Benar-benar tidak bermutu. Investasi ini memasang logo "Garansi uang kembali 100% dan bebas resiko" di mana tidak dicantumkan siapa yang memberikan garansi tersebut.

4. Sun Way Pro dan Investasi Utama. Situsnya : http://www.sun-waypro.com/ dan http://www.investasiutama.com/
Kedua investasi ini tampaknya di kelola oleh orang yang sama karena IP dan web hosting sama. Selain itu cara investasinya juga sama di mana registrasinya lewat SMS. Kedua investasi ini benar-benar tidak ada modal untuk membeli atau membuat program investasi web. Bahkan hari ini situs investasi utama tak dapat diakses lagi. Kemana mereka? Scamkah? Sun way Pro juga lebih parah, domain situsnya sudah diparkir. Alias juga tutup.

Banyak sekali program investasi sejenis terakhir ini yang mengandalkan ponsel untuk registrasi maupun konfirmasi sudah tutup ! Dua investasi yang cukup besar yang tutup terakhir seperti Indo Investa dan Financial Revolusi juga menggunakan pola yang hampir sama. Walaupun keduanya mengaku perusahaannya terdaftar, kalau anda benar-benar cek legalitasnya mungkin cuma akal-akalan saja.

Erwin mengembalikan kepada kita semua, apakah tetap berani untuk menginvestasikan uang pada perusahaan investasi di atas. Di antara ketiganya, mungkin hanya Kharisma Investindo yang paling bermodal, dalam arti perusahaan mereka mempunyai alamat jelas, mempunyai layanan support langsung dan terdaftar (memiliki SIUP). Meskipun tak ada jaminan apapun untuk scam.

Sebagai investor online (karena tampaknya menjadi trend), seharusnya kita semua lebih kritis supaya bisa menghindari kerugian di kemudian hari akibat banyaknya perusahaan penipu dan orang yang tidak bertanggung jawab.

Dikutip dari Erwin - www.ketok.com

1 komentar:

Saham mengatakan...

Investasi online memang high risk high return, jadi bila mau investasi gunakan modal yang tak terpakai.

Posting Komentar